Kegiatan Usaha Perusahaan Pembiayaan di Indonesia



Perusahaan pembiayaan di Indonesia sudah dikenal sejak tahun 1970-an, hingga kini sudah banyak sekali perusahan-perusahan pembiayaan atau juga bisa sedut dengan multi finance yang telah berdiri. Menurut peraturan OJK No. 29/POJK.05/2015, perusahaan pembiayaan merupakan badan usaha yang melakukan kegiatan pembiayaan untuk pengadaan usaha.

Kegiatan Usaha Perusahaan Pembiayaan di Indonesia

Seiring berjalannya waktu, dan adanya penyempurnaan peraturan dari OJK No. 35/POJK.05/2018, kegiatan usaha perusahaan pembiayaan semakin meluas. Berikut adalah beberapa kegiatan perusahaan pembiayaan yang ada di Indonesia:

1.       Pembiayaan Investasi.

Pembiayaan investasi adalah pembiayaan yang diberikan untuk keperluan aktivitas investasi, rehabilitasi, modernisasi, relokasi atau ekspansi tempat usaha. Jadi, maksud dari point ini adalah jika Anda membutuhkan modal untuk melakukan usaha atau investasi namun tidak memiliki modal, Anda bisa memanfaatkan perusahaan pembiayaan.

2.       Pembiayaan Modal Kerja

Kegiatan usaha yang kedua adalah pembiayaan modal kerja. Jika Anda mengalami kekurangan atau kehabisan modal dalam sebuah siklus usaha, maka Anda bisa menutupinya dengan adanya perusahaan pembiayaan. Cara untuk bisa mendapat biaya salah satunya adalah dengan memberikan jaminan.
3.       Pembiayaan Multiguna

Jika Anda membutuhkan uang namun bukan untuk keperluan usaha, misalkan untuk membeli kendaraan atau konsumsi, Anda juga bisa memanfaatkan perusahaan pembiayaan. Hanya dengan memberikan jaminan, Anda akan mendapatkan pembiayaan sesuai dengan nilai jaminan yang diberikan.

Pada poin ini, Anda bisa melakukan dengan dua cara, yaitu sewa pembiayaan dan pembelian dengan pembayaran angsuran. Perbedaan dari keduanya adalah jika sewa pembiayaan Anda akan diberikan modal untuk membeli barang, sementara jika pembayaran angsuran, barang akan disediakan perusahaan dan Anda membayarnya secara berangsur.

4.       Operating Lease

Operating Lease merupakan kegiatan pembiayaan yang diberikan kepada debitur dalam bentuk penyediaan barang modal. Sistem yang digunakan adalah sewa guna usaha tanpa hak opsi, sehingga debitur tidak memiliki hak opsi untuk memilih unit yang ingin dibeli karena sudah diberikan oleh perusahaan pembiayaan.

Itulah tadi beberapa kegiatan usaha dari perusahaan pembiayaan di Indonesia. Ada banyak sekali perusahaan pembiayaan yang ada di Indonesia, salah satunya adalah Dipostar. Jika Anda tertarik Anda bisa mencobanya dengan membuka website dipostar.com. Segala urusan pembiayaan akan beres, jadi tidak perlu bingung lagi harus mencari modal kemana.

1 Komentar untuk "Kegiatan Usaha Perusahaan Pembiayaan di Indonesia"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel